MENGENALI TIPE KEPRIBADIAN SAHABAT



Sebagai sahabat dan motivator bagi teman – teman yang lain kita perlu mengetahui dan memahami mengenai tipe kepribadian sahabat. Kepribadian pada setiap orang berbeda-beda. Berikut dipaparkan beberapa tipe kepribadian orang.

1. PEMARAH
Tipe kepribadian ini merupakan tantangan bagi kita, karena sahabat dengan tipe ini tergolong sahabat yang sulit. sahabat yang pemarah akan mengekspresikan apa saja yang tidak disukai atau tidak setujuinya dengan cara marah. Hal ini tentu harus dikendalikan. Kita sebagai  orang yang paling dekat  sebaiknya mengenali dan mengantisipasi apa saja yang bisa membuat sahabat marah. Pada saat mereka marah lekaslah menenangkannya. sahabat  pemarah biasanya karena kurang perhatian, sehingga mereka  akan mencari perhatian dengan cara marah. Untuk mengendalikan sifat pemarahnya salah satu caranya adalah dengan memberikan perhatian kepada mereka dengan lebih baik dan tulus.

2. PENDIAM
Sahabat  dengan tipe ini cenderung pasif. Sikap diamnya akan membuat mereka kehilangan banyak teman. Kita sebagai  orang terdekatnya tidak boleh membiarkan sahabat berdiam diri dalam waktu lama, Cara terbaik adalah dengan selalu melibatkan sahabat tersebut dalam segala kegiatan yang dapat menarik perhatiannya. Lakukan hal tersebut dengan rasa cinta dan kasih sayang. Jika mereka mulai diam, lakukan sesuatu yang dapat menarik perhatiannya, dengan harapan agar sifat diam yang menjadi kebiasaannya sedikit demi sedikit akan menghilang.

3. BERSAHABAT
Sahabat dengan tipe ini memiliki kelebihan dari yang lain. Dengan sikapnya yang bersahabat, sahabat  tersebut memiliki kemampuan beradaptasi secara lebih baik.  Mereka akan mampu bergaul dengan siapa saja. Sahabat dengan tipe ini memiliki cara berpikir yang selalu dalam keadaan positif.  Sebagai Orang terdekat sebaiknya menemani mereka dan mendorong bakat alaminya dari belakang. Terapkan sikap waspada kepada mereka dengan tipe ini, karena tidak selalu ia dalam keadaan aman.

4. KERAS KEPALA
Sahabat  dengan tipe ini memiliki pendapat sendiri dan sulit diatur. Baik motivator dan orang terdekat  harus menghadapinya dengan lebih tenang dan sabar karena sahabat yang  keras kepala akan banyak memancing emosi. Kita  sebaiknya memahami lebih dulu apa keinginan mereka  yang sebenarnya. Jika sudah tahu, jangan selalu menuruti keinginannya. Melainkan ajarkan mereka  untuk berusaha untuk meraih apa yang ia inginkan . Temani mereka  dengan sabar dan hindari pemaksaan. Ingat, sahabat yang keras kepala bisa menjadi manja dan tidak mandiri.

5. EGOIS
Sahabat  dengan tipe ini memiliki ketakutan yang lebih besar dibandingkan sahabat yang lain. Ia menjadi tidak peduli pada teman karena takut apa yang dikerjakannya tidak sempurna. Ia juga takut disaingi. Kita sebagai  orang terdekat mereka harusnya  mengajari  mereka  untuk berbagi dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Mintalah mereka  untuk berbagi barang atau hadiah kepada adik atau kakaknya. Sambil memberitahu bahwa ia tidak akan kehilangan apapun jika berbagi.

6. PEMALAS
Sahabat yang sering dibantu dalam melakukan kegiatannya akan menjadi anak yang pemalas. Kita  orang terdekat  boleh membantu mereka  hanya pada awalnya saja. Biarkan mereka menyelesaikan tugasnya sendiri. Luangkan  waktu untuk mendengar apa yang diinginkannya. Dari cerita mereka, kita bisa mengetahui apa yang menyebabkannya malas dan segeralah bantu ia memperbaiki hal itu. Jika mereka  malas jangan dimanja.

7. PERFEKSIONIS
Sahabat tidak bisa menjadi perfeksionis jika bukan karena tuntutan lingkungannya termasuk orangtua. Sahabat  yang dari awal dilatih untuk mengerjakan suatu hal dengan sempurna, jika salah sedikit dihukum. Hal inilah yang membuat mereka menjadi perfeksionis. Sifat ini membahayakan dirinya yang masih remaja. Sahabat perfeksionis lebih tertekan secara psikologis dari pada kita. Wajib bagi kita memberi penjelasan kepada mereka  bahwa dalam melakukan sesuatu tidak harus menjadi juara. Hargai proses yang dilakukan bukan hasilnya.

8. SUKA NGAMBEK
Sahabat  yang memiliki sifat suka ngambek cenderung manja. Apa yang ia inginkan selalu dituruti. Lambat laun sahabat seperti ini akan menyusahkan lingkungannya. Kita  sebaiknya tidak selalu menuruti setiap kemauan mereka. Mulailah memberi tekanan-tekanan kecil pada mereka yang suka ngambek. Butuh kesabaran ekstra dari kita untuk mengatasi sahabat  yang suka ngambek ini.

9. PASIF
Sahabat  dengan tipe pasif lebih lamban dan tidak bersemangat. Untuk mengatasinya kita  harus melakukan pendekatan dengan cinta dan kasih sayang agar mereka termotivasi dan timbul semangat dalam dirinya. Libatkan mereka  secara aktif dalam berbagai kegiatan. Buatkan jadwal rutinitas untuknya sehingga bisa memicu pikiran aktif. Selalu memberi dukungan dalam setiap kegiatannya.

Referensi : Buku Jenis Perkembangan Anak.

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide