Kita Harus Bahagia dan Bersyukur



Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum teman - teman, sangat bahagia sekali rasanya hati ini. Sesuai dengan posting kali ini yang berjudul kita harus bahagia dan beryukur, karena semua yang tuhan berikan kepada kita adalah nikmat yang tak ternilai batasnya.

Saya bersyukur tumbuh dari orang yang kekurangan, tak punya harta berlimpah maupun apa saja yang dapat dibenggakan, karena itu saya bisa merasakan betapa berharganya kebahagiaan bagi saya. Sisi lain dari kekurangan harta di masa aku masih kecil membuat saya menghargai hal-hal non fisik seperti ide/gagasan bahkan hal yang sepele sekalipun. Berdasarkan pengalaman, berikut saya mengajak teman – teman untuk senantiasa bersyukur.

Teman – teman say punya sedikit cerita yang mungkin bisa bermanfaat buat teman – teman. Begini ceritanya :

“Ada seekor siput yang selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yg kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput:
"Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?"
Siput menjawab: "Kalian kaum katak mempunyai empat kaki & bisa melompat ke sana ke mari,
Tapi saya mesti membawa cangkang yg berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih."
Katak menjawab: "Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak)."
Dan seketika, ada seekor elang besar yg terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang...
Akhirnya siput baru sadar... ternyata cangkang yang dimilikinya bukan merupakan suatu beban... tetapi merupakan kelebihannya... “

Nah teman – teman dari cerita diatas saja dapat di simpulkan kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki meskipun itu teras membebani kita. Hal – hal yang perlu kita tanamkan dan kita sadari pada diri kita sebagai seorang hamba diantaranya :

Pertama, sadarilah bahwa kita semua terlahir telanjang dan lemah. Berdiri aja tak mampu. Kalaupun saat bayi kita berbaju bagus, itu karena kebaikan orang tua kita. Bukan kita yang beli kan? Karena itu, kita harusnya bahagia ketika sekarang bertambah kuat dan bisa beli baju sendiri.

Kedua, kita adalah yang terpilih “bertemu” dengan ovum, mengalahkan berjuta lainnya. Jadi kita terpilih untuk bahagia.

Ketiga, memang mushibah itu uncontrolable, tapi bahagia itu pilihan. Jadi pilihlah bahagia.

Keempat, fokuslah pada diri sendiri, abaikan orang lain bila itu akan hancurkan bahagia kita. Kita peduli kepada orang lain karena yakin akan menambah bahagia kita. Sadarilah bahwa menyenangkan semua orang itu mustahil. Tapi membahagiakan diri sendiri insya Allah bisa.

Kelima, kuasailah ilmu ikhlas, shabar, dan syukur. Itu ilmu dasar kebahagiaan

Keenam, dekatilah sumber kebahagiaan, yaitu Allah subhanahuwata’ala. Jangan menjauh dari-Nya.

Ketujuh, belajarlah kepada orang-orang yang berbahagia. Jadikan mereka sahabat Anda agar Anda tertulari.
Ke delapan, menjauhlah dari perusak kebahagiaan. Jauhi para pendengki yang gemar mencaci maki, kecuali sekedarnya.

Teman - teman nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. Keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan...
Rejeki tidak selalu berupa emas, permata atau uang yg banyak, bukan pula saat kita berada di rumah mewah & pergi bermobil. Karena bukan kebahagiaan yg menjadikan kita berSYUKUR tetapi berSYUKURlah yg menjadikan kita berbahagia...

Bahagia, adalah sesuatu yang dicari semua orang. Banyak cara dan usaha dilakukan, namun hanya sedikit yang mampu meraihnya. Meski tak semua meraihnya,tapi kebahagiaan bukan sesuatu yang eksklusif dan dimonopoli kelompok tertentu. Ia menjadi hak siapa saja. Dan untuk membahagiakan orang lain tak harus menunggu sudah bahagia lebih dahulu. Siapapun punya peluang membahagiakan orang lain.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untu kita semua.

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide