Si Dia Menggunakan Blogger atau Wordpress ya ?


Nah pada suatu ketika saya membaca sebuah blog yang tampilannya sangat elegan. Dalam hati saya bertanya - tanya "Si dia menggunakan platform blogger atau wordpress ya ?". Pertanyaan itu muncul karena saya kepingin membuat blog seperti punya dia. Akhirnya saya mencoba bertanya kepada adminnya, namun tak kunjung ada balasan. Agan punya nasib seperti saya nggak ? :D

Karena sekarang saya sudah dapat membedakan keduanya, saya akan berbagi kepada agan bagaimana sih cara membedakan keduanya.

Jika belum menggunakan costum domain

Sangat gampang mengetahui suatu blog menggunakan wordpres atau blogger jika belum menggunakan costum domain. Pasti agan semua sudah tau jika alamat blognya berakhiran .blogspot.com pasti si dia menggunakan blogger. Dan jika menggunakan akhiran .wordpress.com sudah dipastikan dia menggunakan wordpress.

Jika sudah menggunakan costum domain

Nah bagaimana jika si dia sudah menggunakan costum domain. Inilah yang agak sedikit susah membedakannya. Oke langsung saja gan begini cara membedakannya :

a. Dilihat dari strukture domainnya

Bagaimana sih maksudnya gan :D Oke sekrang kita fokus pada alamat web yang akan kita cari tau platformnya. Jika alamatnya tidak menggunakan www. maka sudah di pastikan dia menggunaka wordpress, kenapa bisa demikian ? karena untuk merubah blogspot ke costun domain harus ada awalan www atau menggunakan subdomainnya. Nah bagaimana kalau ada awalan www ? kita belum bisa memastikan dia menggunakan wordpress atau blogger karena bisa saja si pemilik blog merubah alamat webnya menjadi www. Lalu bagaimana cara membedakannya jika menggunakan www ?

b. Dilihat dari permalinknya

Nah jika langkah pertama belum berhasil lanjutkan dengan meluhat struktur permalinknya.

Permalink untuk blogspot :

http://www.namadomain.com/tahun/bulan/judul-postingan.html (Untuk postingan)

http://www.namadomain.com/p/judul-laman.html (Untuk halaman statis)

Permalink untuk wordpress :

Sangat banyak sekali piihan permalink untuk postingan wordpress. Bahkan kita bisa membuat costum permalink sendiri. Namun banyak yang menggunakan permalink bawaan, berikut permalink bawaan wordpress :

http://www.namadomain.com/?p=123

http://www.namadomain.com/2015/09/05/sample-post/

http://www.namadomain.com/2015/09/sample-post/

http://www.namadomain.com/archives/123

http://www.namadomain.com/sample-post/

http://awblog.net/sample-post/
Lalu bagaimana caranya jika keduanya menggunakan struktur yang sama? Example : http://www.namadomain.com/tahun/bulan/judul-postingan.html. Yang bisa kita lakukan yaitu mengecek permalink untuk halaman statisnya. Karena sudah pasti halaman statis keduanya berbeda.

Selain kedua metode diatas ada cara lain juga yakni dengan menggunakan inspeksi element. Oke sekarang lihat blog yang bikin agan penasaran. Klick kanan > pilih inspeksi element (Jika menggunakan Firefox).

Jika Menggunakan wordpress pasti ada style.cssnya lihat gambar dibawah agar lebih jelas.





Jika menggunakan blogger stylenya menggunakan element sebaris



Cukup sekian cara saya membedakan si dia menggunakan platform blogger atau wordpress. Bagaimana cara anda ?

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide