Optimalisasi Tag Meta Untuk Meningkatkan SEO

Seperti yang saya janjikan sebelumnya disini saya akan berbagi cara mengoptimalkan tag meta untuk pengoptimalan SEO pada blog. Pengertian tag meta sendiri menurut id.wikipedia.org yaitu elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web.

Dari pengertian tersebut dapat kita tarik kesimpulan tag meta sangat penting untuk memberikan informasi metadata pada peramban terkait informasi web maupun laman kita. Pada artikel sebelumnya tag meta versi blogger belum sepenuhnya memberikan informasi kepada peramban terkait metadata web kita, maka dari itu optimalisasi tag meta sangat dibutuhkan demi meningkatan SEO blog.

Bagi pengguna wordpress tag meta sangat mudah untuk dioptimalkan, kita hanya tinggal memasang plugin add meta tags dan dengan sedikit pengaturan pada pluginnya sudah beres. Namun untuk pengguna blogger tag meta hanya bisa dioptimalkan dengan cara mengedit template dan menambahkan tag meta secara manual.

Cara optimalisasi meta pada blogger

Pada artikel sebelumnya tag meta all-head-content sudah mencakup hal ini :
<link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;favicon.ico&quot;' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default?alt=rss&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - RSS&quot;' rel='alternate' type='application/rss+xml'/>
<link expr:href='&quot;http://www.blogger.com/feeds/&quot; + data:blog.blogId + &quot;/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/>

Untuk mengoptimalkan tag meta pada blog kita harus menambahkan keyword dan deskripsi untuk blog kita. Nah caranya yaitu dengan menambahkan tag meta berikut :
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='keywords'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
</b:if>

Arti dari tag meta diatas yaitu jika pada homepage, keyword yang digunakan yaitu hanya title blog, dan deskripsi web bergantung pada deskripsi blog yang ada. Jika dirasa keyword yang agan gunakan ini kurang kuat agan bisa mengeditnya menjadi seperti ini :
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='keywords'/>
Diganti menjadi...
<meta content="keyword1, keyword2, dst" name="keywords">

Ganti keyword1, keyword2, dst dengan keword yang anda inginkan. Saya menyarankan untuk web baru agar menggunakan keyword yang panjang agar keywordnya optimal. Untuk masalah deskripsi saya rasa tidak masalah menggunakan tag meta tersebut.
Tag meta diatas tadi hanya berfungsi untuk halaman depan saja (home page) nah untuk pengptimalan keyword dan deskripsi halaman postingan bisa menambahkan tag meta berikut :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
  <b:else/>
<meta content='deskripsi untuk halaman posting' name='description'/>
</b:if>
</b:if>

Nah untuk keyword pada halaman postingan, saya menyarankan untuk pakai keyword yang otomatis seperti diatas karena tiap postingan pasti berbeda keywordnya. Saya akan mencoba mengartikan arti meta deskripsi diatas. Jadi waktu kita membuat postingan, pada bilah samping terdapat deskripsi penelusuran, nah itu nanti gunanya untuk deskripsi postingan kita. Jika agan tidak menulis deskripsi pada bilah samping maka deskrisi yang akan muncul yaitu deskripsi yang saya beri garis (striketrough). Agan bisa menggantinya sesuai dengan deskripsi blog kalian.

Selain mengoptimalisasi keyword dan deskripsi, kita juga harus mengoptimalkan tag meta yang lain. Maka dari itu agar lebih lengkap lagi tambahkan tag meta berikut :
<meta content="id_ID" name="language"/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Nama Kamu' name='Author'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='kode verifikasi webmaster google' name='google-site-verification'/> /* kode verifikasi webmaster google */
<meta content='kode verifikasi webmaster bing' name='msvalidate.01'/> /* kode verifikasi webmaster bing */
<meta content='kode verifikasi alexa' name='alexaVerifyID'/> /* kode verifikasi alexa */

Tidak usah saya artikan sudah jelas semua kan :D Nah untuk agan yang suka share ke facebook bisa menambahkan facebook open graph berikut ini :
<!-- Facebook Open Graph -->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='100001116825634' property='fb:admins'/>
<meta content='187870821403263' property='fb:profile_id'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhz9ivgjScbLiGw39YBBulsWdIBvp17_dDavLjfIbXmtR09FTmTJuEOiBgO8z_iwOpBdAl5QNvU7TeoOMt38VhH59j3ZIxcD9Kq-ZIYVluneFxAfShGb2V9ACALRDy0uXmZTCrPGBHIG_U/s120-c/default.png' property='og:image'/>
</b:if>
</b:if>

Ganti kode fb:admins dan fb:profile_id dengan punya agan :) Dengan begitu tag meta agan sudah dioptimalkan. Mungkin cukup sekian belajar bersama tentang tag meta. Jika ada kritik saran maupun pertanyaan silakan menuju ke kotak komentar :)

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide