Aliran Blogging : Niche Blogging vs General Blogging

Blogging menurut saya bukan perkara mudah. Jika agan seorang pemula seperti saya, agan harus berusaha mati - matian untuk mentenarkan blog kita, jika agan adalah seorang ahli, agan harus berjuang untuk mempertahankan kepopuleran dan memperjuangkan reputasinya. Pada era sekarang ini siapa yang tdak kenal blogging, bahkan anak remaja pun sudah mengenalnya. Banyak dari mereka yang mencoba blogging dan banyak dari mereka yang kecanduan untuk menghasilkan uang dan hal ini berdampak persaingan blogger juga semakin ketat.

Jika anda seorang pemula, agan arus memahami airan blogging terlebih dahulu sebeum memulai membuat blog agan. Apakah agan akan memfokuskan pada satu tema ataukah membahas berbagai macam tema. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan segalanya yang perlu agan ketahui tentang kedua jenis aliran blogging tersebut dan membandingkan keduanya berdasarkan kelebihan dan kekurangan. Sebelum melangkah lebih jauh agan harus tau istilah berikut :

Niche Blogging: Blogging dengan  topik tertentu, seperti blogging, Gadget, android, tutorial dll. Menurut Wikipedia, niche bloggig adalah tindakan mempromosikan satu jenis produk.

General blog adalah blog yang membahas berbagai macam tema bahkan semua tema bsa kita muat. Blogging semacam ini memungkinkan kita untuk menulis lebih banyak topik dan mendatangkan banyak visitor.

Setelah mengetahui kedua istilah tersebut disini saya akan mencoba menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari kedua aliran blogglng tersebut.

Kelebihan Niche Blogging

Niche blogging memperkenalkan Anda ke dunia sebagai ahli

Nah, Niche blogging adalah blogging yang membahas topik tertentu. Jika kita berusaha dengan sungguh - sungguh dan konsistent dalam waktu singkat blog anda akan populer. Menjadi seorang niche blogging, agan harus selalu berfikir kritis dan memikirkan artikel yang akan agan tulis mendatang.

Jadi saran saya jika agan belum mempunyai pengetahuan lebih terkait bidang yang akan jadikan tema utama mendingan memilih aliran general blogging.

Ketenaran seorang yang beraliran niche blog akan diperoleh ketika pengunjung memiliki masalah dan dapat diselesaikan dengan membaca artikel - artikel yangtermuat dala blog agan. Dengan semakin sering datangnya pengunjung, maka pengunjung akan beranggapan bahwa memang Ahli dibidangnya, bahkan akan mempunyai visitor yang loyal terhadap sobat.

Niche Blog membuat Anda populer di masyarakat

Setelah agan mempunyai sebuah nama di masyarakat. Tak sedikit dari mereka akan menghubungi agan secara pribadi atau melalui form Kontak (komentar) untuk memecahkan masalah mereka. Hal inilah yang akan membuat mereka setia dengan kita namun jika agan tidak menjawab pertanyaan mereka tentu mereka akan berpaling :D

Setiap karakter orang memang berbeda - beda, ada yang hanya mampir keblog kita terus pergi namun banyak juga yang setia dan menganggap bahwa tulisan kita memiliki nilai jual.

Pengiklan pihak ketiga lebih tertarik pada Niche blog

Pengiklan pihak ketiga lebih tertarik dengan otoritas blog yang memiliki sebuah tema. Jika anda memiliki sebuah niche blog, iklan akan lebih terkait dengan konten dan pengguna akan lebih sering mengklik iklan di web agan. Itu akan meningkatkan pendapatan Anda.

Lebih Disukai Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dll lebih menyukai blog yang konsisten pada satu tema. Hal ini menunjukan ototoritas blog tersebut. Otoritas ini biasanya timbul dari tulisan yang dibuat tidak asal-asalan.. kenapa? karena sobat... Sang Ahli

Keuntungan General Blog (Umum)

Lebih Cepat Tenar

Karena mencantumkan berbagai berita /artikel maka blog general akan lebih cepat tenar kalau dibanding niche blog. Akan tetapi, setelah naik biasanya akan stagnan, diam disitu saja, kemudian ketenarannya akan terkalahkan oleh niche blog.

Banyak Hal Yang Bisa Ditulis

Dengan tidak berfokus pada satu tema, maka general blog tidak usah takut kehabisan ide... apa pun yang dilihat atau didengar, bisa langsung menjadi bahan tulisan. Tidak seperti niche blog, yang tidak boleh melanggar tema blognya.

Kesimpulan

Dari 2 tema blog di atas, saya lebih menganjurkan niche blog daripada general blogging dengan berbagai keuntungannya. Apakah benar-benar harus niche blog? tidak juga, seperti yang saya tulis di atas, tergantung tujuan sobat membuat blog. Satu hal lagi, apabila belum faham dengan kelebihannya, niche blog saya ibaratkan dokter spesialis, dan global blog seperti dokter umum. Penting 2-2nya, tapi mana yang lebih ahli? mana yang lebih mahal? Selamat memilih dan happy blogging...

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide