Menu-Menu Dasar di Dashboard Blogger


Sebelum memulai ngeblog, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang platform yang kita gunakan. Kali ini kita akan berkenalan lebih jauh tentang menu - menu yang ada didalam dashboard blogger.

Mungkin yang sudah familiar dengan blogger sudah tahu dan bahkan anda sudah lebih faham dibandingkan dengan saya, namun disini saya hanya mereview agar jika ada yang lupa bisa teringat kembali. Blogger memang platform yang mudah dimengerti namun jika baru pertama kali masuk didunia blog pasti juga merasa kesusahan.

Mari kita mengenal lebih jauh terkait menu yang ada di dashboard blogger. Menu-menu ini sangat penting untuk dipahami karena dapat memudahkan dalam mengurus blog anda nantinya.

Penjelasan Lengkap Menu - Menu di Dashboard Blogger


Untuk lebih gregetnya silakan anda masuk ke beranda blogger kemudian menuju ke dashboard blog anda, jadi sambil baca artikel ini anda lihat menu yang ada di dashboard blogger.

1. Tombol "Entri baru"

Tombol untuk membuat artikel ataupun postingan terbaru.

2. Ikhtiar

Pada menu ini sobat dapat melihat statistik ringkas blog sobat seperti jumlah postingan, jumlah pengikut,  jumlah komentar yang masuk, jumlah pengunjung, dll.

3. Pos

Menu untuk menampilkan daftar semua artikel/postingan yang ada di blog anda.

4. Laman

Menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar Halaman statis yang ada di blog sobat. Biasanya halaman statis bisa kita gunakan untuk menuliskan about (tentang penulis/ blog), peta situs (sitemap), contact us, privacy policy, TOS dll

5. Komentar

Menu untuk menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog sobat.

6. Google+

Menu untuk mengaitkan blog sobat dengan profil Google+, jadi agan bisa share otomatis saat mengepostkan arikel, seain itu juga anda bisa merubah komentar blogger menjadi komentar google+ melalui menu ini.

7. Statistik

Menu untuk menampilkan statistik lengkap blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dan lain sebagainnya.

8. Kampanye

Menu ini khusus buat sobat yang ingin mempremosikan blog sobat melalui Google AdWords. Namun anda harus merogoh kocek untuk memproosikan web anda.

9. Tata Letak

Menu ini digunakan untuk mengatur tata letak blog dan juga untuk memasang dan mencopot widget blog seperti widget artikel populer, atau widget pengikut dll

10. Template

Di sini adalah tempat untuk mengganti template atau theme blog. Selain itu anda juga bisa mengedit langsung template blog sobat pada menu ini.

11. Setelan

Jika anda ingin mengganti judul blog, mengganti alamat, atau mengganti bahasa blog maka menu ini adalah tempatnya.

Ya kira - kira begitulah selangkah lebih dekat mengenal blogger. Jika kamu memiliki niat yang kuat untuk ngeblog pasti kamu akan memperoleh hasil yang maksimal :)

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide