Menghadapi Teman yang Tidak Mau Berubah

Menghadapi teman yang tidak pernah mau berubah sanggup membuat Anda sendiri menjadi stress. Apalagi jika si teman selalu datang pada Anda untuk mencurahkan segala keluh kesah hatinya, tentu membuat Anda bingung sendiri. Jika tidak ditanggapi Anda takut dia akan tersinggung, namun jika ditanggapi Anda tidak tahu harus berkata apa lagi karena semua saran Anda hanya dianggap angin lalu olehnya. Terjebak dalam situasi demikian?
 Inilah yang harus Anda lakukan.

1. Empati tanpa memihak.
Saat kita datang pada teman dengan keadaan terluka, bukan saran dan pertolongan pertama yang paling kita butuhkan namun perhatian dan kasih sayang! Begitu pula ketika seorang teman datang pada kita, sebagai seseorang yang praktis kita ingin segera mengeluarkannya dari persoalan namun ingat bahwa dia datang pada Anda karena yakin Anda akan menerima dan membuatnya nyaman.

2. Jadilah pendengar yang baik.
Menghibur teman Anda tanpa ingin tahu apa masalahnya tentu membuat teman Anda merasa tidak nyaman. Jadi Anda perlu menanyakan apa yang terjadi dan biarkan dia bercerita. Berikan kontak mata dan ekspresi yang menunjukkan Anda aktif mendengarkan dia.

3. Tidak memberikan saran.
Mengingat teman Anda tidak pernah menggunakan saran-saran Anda, maka sebaiknya kali ini Anda tidak memberi dia saran lagi. Bukan berniat menghukum, namun sebaiknya Anda mencari tahu apa sih maunya si teman ini.

Share this:

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide